Daftar Ausbildung Dari Indonesia Ke Jerman Secara Mandiri? Bisa? Caranya? (2024)

Ausbildung,Jerman |

Maret 18, 2019

Tahun lalu saat menulis tentang kesempatan ke Jerman untuk Ausbildung, aku selalu bertanya-tanya bagaimana caranya kita melamar ausbildung dari Indonesia secara mandiri tanpa bantuan agen penyalur dan akhirnya aku menemukan beberapa azubi yang berhasil ke Jerman MANDIRI, pontang-panting sendiri tanpa bantuan agen dan di Jerman pun, mereka bisa survive. Lalu bagaimana bisa?

Sebelumnya, mohon baca dulu Apa itu ausbildung dengan cara klik di sini!

Lalu BAGAIMANA MENDAFTAR AUSBILDUNG, klik di sini!

Seperti yang sudah aku jelaskan di banyak artikel, mendaftar Ausbildung di Jerman tidaklah semudah mencari host family untuk au pair atau pun melamar untuk FSJ. Meskipun aku tahu untuk ke Jerman sebagai Au Pair dan FSJ juga tidak mudah dan butuh perjuangan yang berat, namun secara teknis, Ausbildung membutuhkan pengorbanan ekstra baik dari segi tenaga maupun finansial. Pasalnya, untuk melamar ausbildung, kita harus minimal menguasai Bahasa Jerman minimal di level B1 (ini tak murah jika ambil kursus baik di Indonesia maupun di Jerman), lalu belum lagi pengurusan dokumen, penyetaraan ijazah, dsb. Semua serba Aufwendig (ngoyo). Berikut adalah paparan dua orang azubi yang tergabung di Grup AFA Germany, yang menceritakan pengalamannya mendaftar ausbildung langsung dari Indonesia.

MELALUI HOTELCAREER.DE

‘Dikutip dari R.S pada komentar di salah satu postingan AFA tentang melamar Ausbildung’

“Saya adalah azubi yang melamar Ausbildung langsung dari Indonesia. Setelah 1 tahun mengikuti program BFD di tahun 2016, saya kembali ke Indonesia. Dan setelah di Indonesia, saya melamar langsung melalui internet : www.hotelcareer.de untuk ausbildung di bidang koch. Lamaran saya sampai dan saya dihubungi melalui email untuk wawancara via skype oleh pihak hotel. Setelah 2x interview saya diterima lalu mereka mengurus keperluan untuk urus Visa di Indonesia. Dokumen-dokumen yang saya perlukan mereka kirim melalui post. Saya memang dari dulu sudah anti agen. Saya punya pengalaman tidak menyenangkan waktu mengurus jadi Au Pair. Saran saya kepada teman-teman, coba lamar langsung melalui internet, kalau memang minat pasti bisa.”

Hotelcareer.de

Selain dari hotelcareer, dia juga menyarankan dari meinestadt.de

Melalui AUSBILDUNG.de

Berikut penuturan YOGA HÜBNER yang aku japri langsung lewat facebooknya. Yoga sempat berkomentar di salah satu postingan denkspa tentang jatuh bangunnya melamar ausbildung secara mandiri ke Indonesia. Cara yang ditempuhnya memang tergolong nekat dan tidak murah. Namun, jika Yoga bisa mengusahakan, aku yakin teman-teman yang punya keinginan dan tekat yang kuat, pasti juga bisa.

“Jadi , aku belajar bahasa jerman dulu Sekitar 7 bulan dari A1-B1 lulus dapat B1 , lalu saya Ujian karena sertifikat buat apply Ausbildung , aku cari info lebih lanjut di Ausbildung.de , soal sekolah2 dan tempat magang Altenheim yang aku akan lamar , ( mostly yg butuh B1 ) setelah melamar 4 sekolah 4 Altenheim aku dapat email untuk Interview which is aku harus kesana langsung huhu , soal dokument , ijazah , SKHU , dan Transkip nilai harus ditranslate di Berlin , gatau ya beda kota apa beda rule , jadi aku kirim ke temenku yang di Jerman buat translate ke Translator tersumpah diberlin , setelah beres baru aku Anerkennung di kantor apa aku lupa itu semua , dan diakui alhamdulillah , jadi itu semua aku sertakan pas apply Ausbildung termasuk cv bahasa jerman . Setelah Interview di 6 tempat saya dapat 4 kontrak dan harus milih 2 ( 1 sekolah + 1 Altenheim ) aku pilih yang deket Wohnung temenku , setelah dapat Kontrak aku pulang apply visa ke Jakarta setelah aku siapin semua dokumen termasuk kontrak Wohnung , dan smua dokumen yang dibutuhkan , nggu 1 bulanan akhirnya dapat. Ausbildung ku start 1 April , pas apply Visa aku mnta 1 mnggu lebih awal dikasih ( dengan tambahan dokument seperti rekening koran ) akhirnya aku dikasih 1 minggu sbelum Ausbildung mulai”

Rekening koran yang dimaksud Yoga merupakan bukti tabungan yang kita punya agar pemerintah mengijinkan kita masuk Jerman dan yakin bahwa kita tidak akan ngegembel karena kita punya bukti tabungan yang akan menunjang kehidupan di Jerman sebelum mendapat gaji. Biasanya Visa Turis yang harus melampirkan rekening koran. Selain itu, visa kursus bahasa (Sprachschüler) atau Mahasiswa (student) juga harus melampirkan bukti deposit sejumlah 8900 per tahun yang nantinya akan dicairkan perbulan untuk kehidupannya sendiri. Nah, karena Yoga datang lebih awal, dia harus punya jaminan bahwa ada uang yang akan menunjang hidupnya sebelum ausbildung dimulai.

*

Kita mungkin berpikir kedua cara tersebut cukup mahal untuk dilakukan dan tentu saja belum ada jaminan bahwa kita akan diterima di sebuah perusahaan, apalagi biasanya orang Jerman lebih mengutamakan tenaga kerja asing yang sudah berada di Jerman. Namun, hey,,,kenapa harus pesimis duluan? Uang yang kita keluarkan untuk kursus bahasa hingga B1, tiket pesawat dan biaya pengurusan paspor dan Visa toh nantinya akan terganti jika kita sudah menempuh ausbildung dan sudah bekerja di Jerman. Semua tak ada yang sia-sia. Ada sebuah komentar di AFA, bahwa orang tua nya sempat hutang dan menjual beberapa properti demi keberangkatan dia ke Jerman. Aku, mereka dan kalian toh akan bertaruh di kehidupan ini, memang belum tentu menang, tapi belum tentu juga kalah, ya kan? Mari kita hitung biaya kalau berangkat secara Mandiri.

(Kisi-kisi biaya)

Anggap saja kita belum pernah ke Jerman sebagai BFD sebelumnya. Jadi, kita harus belajar bahasa Jerman dulu sampai B1 seperti Yoga. R.S karena dia sudah pernah tinggal di Jerman, mungkin tak harus kursus sampai B1, namun sertifikat B1 masih diperlukan dan untuk interview lewat skype juga membutuhkan kemampuan komunikasi setara B1.

Biaya kursus A1-B1 janganlah ambil yang paling mahal, kita bisa siasati dengan ambil kursus lebih murah (bukan di Goethe) : 8-10 juta

Ujian sertifikat B1 : 3,4 juta (210 euro)

Paspor : 300 ribu

Visa : 1 juta

Tiket Pesawat (bervariasi): aku dulu berangkat dengan harga 450 euro (7,2 juta)

Asuransi perjalanan: 150 ribu

Annerkennung Penyetaraan Ijazah: bervariasi sekitar 120 euro (sekitar 1,9 juta)

Lain-lain, biaya kalau nggak tinggal di Jakarta: katakanlah 5 juta

Total keseluruhan : 28,5 juta an (kurang lebih), bisa kurang kalau kalian kursus bahasa dan tiket pesawatnya dapat yang lebih murah, bisa lebih kalau kalian nggak lulus ujian B1 dan harus mengulang.

Tentu saja biaya yang dikeluarkan Yoga jauh lebih mahal karena dia interview langsung ke Jerman, kembali ke Indonesia lagi untuk mengurus Visa, lalu berangkat ke Jerman lagi, terlebih harus menyertakan bukti rekening untuk minggu pertama. Namanya juga perjuangan, kita nggak pernah tahu beban masing-masing pejuang, namun apa yang telah diusahakannya telah membuahkan hasil dan baik Yoga maupun R.S telah membuktikan bahwa tak ada yang tak mungkin jika kita ada tekat yang kuat untuk berjuang.

Biaya yang kita keluarkan kurang lebih sama bukan dengan membayar di Sub-agen, bahkan mereka ada yang mematok sampai 90 juta untuk memberangkatkan kita ke Jerman. Terlebih jika kita mengurus semuanya secara mandiri, otomatis kita akan melatih diri kita untuk berdiri sendiri dan akan beda juga reaksinya jika ada apa-apa di Jerman nanti, misalnya jika kita tidak coco*k di tempat ausbildung, kita bisa langsung pindah tanpa takut agen dan denda-denda serta beban moral yang dibebankan kepada kita. Seringkali ada azubi yang berhasil ke Jerman melalui agen, lalu nggak coco*k, lalu pindah, meskipun dia pindah secara baik-baik, dia masih ada beban moral kepada teman-teman satu batch dan kepada agen yang membawanya ke sini, dsb.

Baca Juga: Stop!! Jangan Mau Membayar Mahal Untuk Ke Jerman!!

Baca juga: Ke Jerman Mandiri Vs. Melalui Agen

Untuk menghubungi Yoga : Facebooknya: Yoga Hübner (Pastikan kalian sabar karena azubi biasanya sangat sibuk dengan tuga sekolah dan kerjaan)

R.S kurang berkenan di hubungi lewat japri, jadi mungkin kalian bisa gabung di Grup AFA Germanya dan menggali informasi seputar ini di sana. Klik di sini untuk gabung AFA

Klik di sini untuk melihat contoh lamaran dan daftar riwayat hidup dalam bahasa Jerman

***

Jika kalian ingin bertanya lebih lanjut, mohon buka topik di forum diskusi yang aku sediakan di blog ini, caranya:

Klik Forum di sini. Registrasi dan ingat password kalian, kemudian klik ‘HOME’ >> ‘PILIH DISKUSI (AFA atau Diskusi Lain)’ >> NEW TOPIC. Dengan menggunakan fasilitas forum ini, pertanyaan dan jawaban kalian akan terkunci dan mungkin akan berguna bagi siapa pun yang ingin mencari pertanyaan serupa, jadi tanpa perlu menjawab berulang-ulang, pertanyaan dan jawaban dapat diakses dengan mudah.

*

*

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Post Views: 28,932

Terkait

Apakah Azubi Menyesal Telah mengambil AUSBILDUNG di Jerman melalui Agen? | Testimoni Berdasarkan Hasil Survey

Apakah Disarankan Ausbildung Ke Jerman Melalui AGEN??| Berdasarkan Survey

Daftar Ausbildung Dari Indonesia Ke Jerman Secara Mandiri? Bisa? Caranya? (2024)

FAQs

Berapa biaya Ausbildung di Jerman? ›

Besaran Biaya Program Ausbildung

Namun, selama tahap awal mulai dari kursus bahasa Jerman, pengurusan dokumen, hingga keberangkatan ke Jerman, biayanya ditanggung sendiri oleh peserta ausbildung dan tidak menggunakan sistem potong gaji. Setidaknya, Anda harus menyiapkan dana minimal Rp 30 juta.

Ausbildung maksimal umur berapa? ›

Persyaratan Mendaftar Ausbildung Jerman

Pendidikan terakhir MINIMAL SMA sederajat. Usia produktif, yaitu mulai dari 18 tahun sd 35 tahun. Memiliki kemampuan keuangan karena proses mulai dari awal sampai berangkat ke Jerman dibiayai sendiri (tidak ada sistem potong gaji).

Bagaimana cara mendaftar Ausbildung? ›

Bagaimanakah Cara Mendaftar Ausbildung?
  1. Mendaftar di Situs Resmi Ausbildung. Cara mendaftar Ausbildung yang pertama adalah dengan mengunjungi situs resmi dari penyalur Ausbildung, dan mendaftar disana. ...
  2. 2. Sesi Interview. ...
  3. Pemberkasan. ...
  4. Pengurusan Kontrak.
Mar 23, 2020

Apakah Ausbildung gratis? ›

Apa itu Program Ausbildung ? Program Ausbildung adalah program resmi dari pemerintah Jerman untuk sekolah vokasi (setara D3 atau Poltek di Indonesia) GRATIS dan kerja magang di Jerman dengan uang saku sekitar Rp 15 juta per bulan selama 3 tahun.

Ausbildung mulai bulan apa? ›

Ausbildung biasanya di mulai pada 1 Agustus atau 1 September setiap tahunnya. Ausbildung terdiri dari pelatihan di tempat kerja/perusahaan dam belajar teori di sekolah kejuruan atau disebut juga Berufsschule. Pelajaran yang dipelajadi di Berufsschule termasuk bahasa inggris, studi jerman, dan sosial.

Jurusan apa saja yang ada di Ausbildung? ›

Pilihan Jurusan Ausbildung Jerman
  • Nursing.
  • Physiotherapy.
  • Electrician.
  • Fitness Trainer.
  • IT Technician.
  • Hospitality Management.
  • Dietician.
Aug 18, 2022

Ausbildung dapat gelar apa? ›

Gelar : Kalau Ausbildung, setelah lulus akan diberi gelar FACHKRAFT (tenaga ahli).

Berapa lama visa Ausbildung jadi? ›

Visa dapat dikeluarkan setelah mendapatkan persetujuan ini. - Proses pengerjaan visa membutuhkan waktu sekitar 4 minggu, dalam kasus-kasus tertentu bisa juga lebih lama.

Apakah Ausbildung harus deposit? ›

Untuk mengikuti program Ausbildung teman teman tidak diharuskan untuk membayar deposit, karena hampir semua bidang Ausbildung ini gratis, akan tetapi ada beberapa bidang yang mengharuskan kita membayar biaya sekolah.

Visa Ausbildung berapa? ›

Biaya visa sebesar €75 atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 1.170.000,- pembayaran bisa dengan menggunakan mata uang rupiah.

Ausbildung di Jerman umur berapa? ›

2. Batasan Usia

Program Ausbildung di Jerman ini bisa diikuti oleh kalian yang sudah berusia 18-25 tahun, bahkan tanpa pengalaman kerja sekalipun tetap bisa. Sedangkan bagi kalian yang berusia 25-35 tahun sangat disarankan untuk mempunyai pengalaman kerja jika ingin mengikuti program Ausbildung di Jerman ini.

Berapa lama kursus bahasa Jerman sampai B1? ›

Goethe-Zertifikat B1 mensyaratkan kemampuan bahasa di jenjang kompetensi ketiga (B1) dari Kesepakatan Uni Eropa untuk Jenjang Kompetensi Bahasa. untuk mencapai jenjang ini diperlukan –dengan melihat pengetahuan dasar dan kondisi belajar – 350 sampai 650 jam belajar à 45 menit.

Apakah bisa kerja di Jerman tanpa Ausbildung? ›

Untuk bisa bekerja di Jerman, kamu harus mengikuti Ausbildung dulu. Jika kamu tidak pindah program, misalnya ke Ausbildung, maka kamu harus pulang ke Indonesia karena kamu tidak memiliki keahlian yang diakui setara untuk dapat bekerja di Jerman.

Berapa gaji Ausbildung? ›

Kerja Sebagai Perawat, Gaji Ausbildung Di Jerman

Memasuki tahun terakhir pelatihan, gaji kotor yang diterima bisa mencapai 1200 EUR hingga 1300 EUR yang jika dirupiahkan mendekati 22 juta. Besaran gaji tersebut akan diberikan setiap bulan.

Apa saja jurusan Ausbildung Jerman? ›

Jurusan-jurusan Ausbildung yang Bisa Kamu Pilih
  1. Jurusan Bidang Perhotelan. Kamu bisa memilih bidang ausbildung perhotelan. ...
  2. 2. Jurusan Bidang Koki. ...
  3. 3. Jurusan Bidang Perawat. ...
  4. 4. Jurusan Bidang Restoran. ...
  5. Jurusan Bidang Mechatroniker.
Sep 15, 2022

Berapa uang jaminan untuk kuliah di Jerman? ›

Sebelum mengikuti perkuliahan di Jerman, mahasiswa internasional diwajibkan membayar deposit sekitar 8000 euro per tahun. Deposit ini digunakan sebagai uang jaminan mahasiswa bisa hidup selama satu tahun di Jerman. Uang deposit ini tidak akan hangus dan bisa digunakan oleh mahasiswa untuk biaya hidup.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Gov. Deandrea McKenzie

Last Updated:

Views: 6271

Rating: 4.6 / 5 (46 voted)

Reviews: 85% of readers found this page helpful

Author information

Name: Gov. Deandrea McKenzie

Birthday: 2001-01-17

Address: Suite 769 2454 Marsha Coves, Debbieton, MS 95002

Phone: +813077629322

Job: Real-Estate Executive

Hobby: Archery, Metal detecting, Kitesurfing, Genealogy, Kitesurfing, Calligraphy, Roller skating

Introduction: My name is Gov. Deandrea McKenzie, I am a spotless, clean, glamorous, sparkling, adventurous, nice, brainy person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.